Android

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler 'layar sentuh' seperti smartphone dan komputer tablet. Android pada awalnya dikembangkan oleh Android, Inc dengan dukungan keuangan dari Google yang kemudian dibeli pada tahun 2005 lalu.

Sistem operasi ini secara resmi dirilis pada tahun 2007 bersamaan dengan pendirian Open Handset Alliance (sebuah konsorsium perangkat keras) perusahaan perangkat lunak dan telekomunikasi yang bertujuan untuk mempromosikan standar terbuka untuk perangkat seluler. Ponsel atau smartphone Android pertama mulai dijual pada Oktober 2008.

Android Sistem operasi open source


Android adalah sistem operasi open source, dan Google memiliki lisensi Apache tersebut.  Lisensi sumber terbuka dan lisensi pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas oleh produsen atau pembuat perangkat operator nirkabel dan pengembang aplikasi.

Selain itu, Android memiliki sejumlah besar grup pengembang aplikasi yang memperluas fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam versi khusus bahasa pemrograman Java.

Pada Oktober 2013, lebih dari satu juta aplikasi tersedia untuk Android, dan sekitar 50 miliar aplikasi tersedia untuk Android. Telah diunduh dari Google Play, toko aplikasi terbesar Apple.  Sebuah survei pada bulan April-Mei 2013 menunjukkan bahwa Android adalah platform pengembang paling populer yang digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler. Di Google I / O 2014, Google memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan Android naik dari 583 juta pada Juni 2013.

Pengembangan Android


Android dikembangkan secara pribadi oleh Google hingga perubahan dan pembaruan terkini siap dirilis, dan informasi kode sumber juga mulai dipublikasikan. Kode sumber ini hanya berjalan tanpa perubahan pada beberapa perangkat, biasanya dalam seri Nexus.  Ada pasokan biner terpisah yang disediakan oleh produsen sehingga Android dapat bekerja.

Logo Android hijau awalnya dirancang untuk Google pada tahun 2007 oleh desainer (grafis Irina Blok). Tim desain bertugas menciptakan ikon universal yang dapat dengan mudah dikenali dengan memasukkan ikon robot terutama dalam desain akhir. Setelah serangkaian perkembangan desain berdasarkan tema dari fiksi ilmiah dan film luar angkasa, tim akhirnya mendapatkan inspirasi dari simbol manusia yang ditemukan di pintu toilet dan mengubah bentuknya untuk membentuk robot.

Karena Android adalah perangkat lunak open source maka disepakati bahwa logo juga harus terbuka dan sejak awal logo hijau telah dirancang ulang dalam bebrapa variasi yang tak terhitung jumlahnya. 


0 Response to "Android"

Posting Komentar