Nasional

Jalan Jayapura-Wamena Ditutup Sementara

Jalan Jayapura-Wamena Ditutup Sementara

SumedangInfo, JAYAPURA — Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) XI Papua melewati Satker Wilayah 1 memblokir sementara ruas jalan Jayapura-Wamena guna mempercepat proses perbaikan jalan yang rusak. Kepala Satker BBPJN Wilayah 1 Jayapura Saut Muthe untuk Antara di Jayapura, Senin (21/1), mengatakan tadinya sulit memberi pengertian untuk sopir yang membawa sekian banyak komoditi dari Jayapura ke Wamena sebab mereka darurat bermalam di jalan dengan masa-masa yang lebih lama.

Ia menuliskan setelah diserahkan pengertian akhirnya semua sopir baik truk maupun sejenis hilux, Jumat (18/1), sepakat tidak melanjutkan perjalanan ke Wamena sehingga semua pekerja dapat mengerjakan pekerjaannya mencuci jalan dari tumpukan tanah berlumpur. “Kami meminta masa-masa dua atau tiga hari untuk membetulkan dengan melemparkan tanah berlumpur yang mengisi sejumlah ruas jalan sampai rusak parah” ungkap Muthe sambil menambahkan kehancuran di 12 titik dari arah Jayapura diakibatkan tingginya mobilitas kendaraan yang melintas dengan beban yang berat.

Padahal jalan tersebut dalam etape pengerjaan dan masih berupa jalan tanah serta tingginya curah hujan. Setiap akhir pekan selama 200 an kendaraan melintas dari arah Jayapura dengan beban yang diangkut sekitar dua sampai tujuh ton.

Kepala Satker Wil I Jayapura yang menyatakan baru pulang dari tempat mengatakan tingginya kegiatan kendaraan yang melintas di ruas jalan Jayapura-Wamena diakibatkan saat ini masyarakat lebih memilih mengirim barang melewati darat sebab harganya lebih murah dibanding pesawat. Bila dibawa melalui darat harganya Rp 7.000-an/kg sedangkan melewati udara Rp 13 ribu/Kg.

Ruas jalan tersebut melayani delapan kabupaten di pegunungan tengah yaitu Kabupaten Yalimo, Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Tolikara, Lanny Jaya, Puncak Jaya dan Puncak serta Kabupaten Nduga. Jalan trans Papua poros Jayapura-Wamena sepanjang 575 Km masih dalam etape pengerjaan yang dilaksanakan dari arah Jayapura dan Wamena.

The Latest

To Top