Nasional

Sejumlah Rumah di Tanggamus Lampung Terendam Banjir

Sejumlah Rumah di Tanggamus Lampung Terendam Banjir

SumedangInfo, BANDAR LAMPUNG — Sejumlah lokasi tinggal di sejumlah kampung dalam Kecamatan Bandar Negeri Semuong terendam banjir sesudah hujan deras menyiram wilayah tersebut dan menembus tanggul Way Semuong, Ahad (20/1) malam. Belum diketahui apakah terdapat korban jiwa atau lokasi tinggal rusak.

Keterangan yang didapatkan Republika.co.id, Ahad (20/1) malam, banjir yang menggenangi lokasi tinggal dan dusun warga setinggi lutut orang dewasa. Tanggul Way Semuong yang baru dibetulkan jebol lagi sesudah tidak dapat menyangga hantaman air sungai. Air meluap dan menggenangi lokasi tinggal warga.

Berdasarkan keterangan dari Iskandar, penduduk Desa Gunung Doh, banjir terjadi sesudah hujan menyiram deras seharian. Tingginya curah hujan mengakibatkan Sungai Semuong meluap dan tanggulnya jebol. “Air sungai meluap, tanggul sungai pun jebol,” kata Iskandar.

Banjir tak melulu merendam lokasi tinggal warga di Desa Gunung Doh, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, tapi pun terjadi di Desa Banding dan Rajabasa. Di dua desa tersebut, informasi yang diterima banjir setinggi satu meter lebih. “Banyak penduduk yang mengungsi ke keluarganya yang bermukim di lokasi tinggi,” kata Iskandar.

Desa-desa di Kecamatan Bandar Negeri Semuong sebelumnya pernah terpapar banjir pada tahun lalu. Setelah BPBD Tanggamus membetulkan tanggul Way Semuong, hujan deras turun lagi menembus tanggul yang baru diperbaiki. Belum terdapat aparat Pemerintah Kabupaten Tanggamus yang terdapat di tempat kejadian.

The Latest

To Top