Gaya Hidup

Gestur Saat Bercerita Bantu Tingkatkan Kemampuan Narasi Anak

Gestur Saat Bercerita Bantu Tingkatkan Kemampuan Narasi Anak

SumedangInfo, BARCELONA — Para peneliti di Univeristas Pompeu Fabra di Barcelona telah mengejar sesi pelatihan singkat bercerita dengan gerakan berirama meningkatkan keterampilan narasi anak umur lima dan enam tahun. Gerakan merupakan bagian integral dari komunikasi insan dan terutama penting untuk anak-anak yang adalahprediktor dan mula perkembangan linguistik dan kognitif.

Penelitian sebelumnya mengindikasikan komunikasi gestural menolong anak-anak menyimpan informasi dalam pembicaraan. Komunikasi gestural pun membantu mereka guna lebih memahami.

Seperti yang dilansir dari Malay Mail, Senin (21/1), studi teranyar ini, yang sudah diterbitkan ini mengindikasikan untuk kesatu kalinya bagaimana anak-anak menjangkau pemahaman yang lebih baik mengenai struktur cerita, yang dikisahkan dengan ucapan-ucapan dan gerakan ritmis.

Para peneliti meneliti struktur kisah yang dikisahkan kembali oleh 44 orang Spanyol berusia lima dan enam tahun dalam dua kelompok. Masing-masing menyaksikan materi audiovisual yang disajikan oleh dua guru sekolah.

Satu kumpulan yang terpapar kisah disertai gerakan ritmis yang dipakai untuk menekankan ucapan-ucapan kunci. Kelompok lainnya melulu mendengarkan rekaman dan tidak terdapat gerakan yang digunakan.

Ketika kualitas keterampilan anak-anak untuk mengisahkan kembali kisah-kisah ini dinilai, mereka yang sudah mendengarkan kisah disertai gerakan ritmis mengindikasikan pemahaman yang lebih baik soal struktur naratif mereka. Skor mereka secara signifikan lebih baik daripada teman mereka yang tidak menyaksikan gerakan.

The Latest

To Top