Dunia

Arab Saudi akan Deportasi 250 Pria Rohingya ke Bangladesh

Arab Saudi akan Deportasi 250 Pria Rohingya ke Bangladesh

SumedangInfo, RIYADH — Arab Saudi berencana guna mendeportasi 250 lelaki dari etnis Rohingya ke Bangladesh. Deportasi ini bakal menjadi pemulangan paksa kedua yang dilaksanakan Arab Saudi tahun ini.

“Arab Saudi adalahrumah untuk nyaris 300 ribu orang Rohingya” ungkap koordinator kampanye guna koalisi Bebaskan Rohingya Nay San Lwin laksana dikutip dari laman Al Jazirah, Senin (21/1).

Padahal, ia menambahkan, beberapa besar etnis Rohingya di Arab Saudi sudah mempunyai izin bermukim secara hukum. Tetapi, ia menambahkan, mereka disangga di pusat penahanan Shumaisi dan belum diperlakukan layaknya laksana saudara. Sebaliknya, ia menambahkan, mereka diperlakukan laksana penjahat.

Karena tersebut pihaknya mendesak pihak berwenang Arab Saudi guna menghentikan deportasi. “Orang-orang tersebut (pria Rohingya) diduga akan diterbangkan pada Ahad atau Senin malam,” ungkapnya.

Pihaknya cemas para lelaki Rohingya ini mendapat hukuman penjara disaat kedatangan mereka di Bangladesh. Berdasarkan UU Kewarganegaraan 1982, Rohingya tidak dinyatakan sebagai di antara dari 135 kumpulan etnis negara itu, memberi batas hak mereka guna belajar, bepergian, bekerja, menikah, menyerahkan suara, beribadah, dan mengakses layanan kesehatan.

Arab Saudi pun berhenti menerbitkan izin bermukim untuk etnis Rohingya yang menginjak negara tersebut setelah 2011 lalu. Kemudian sejumlah aktivis Hak Asasi Manusia telah mengemukakan banding ke pemerintah Arab Saudi sekitar dua tahun terakhir.

“Arab Saudi mesti menghentikqn deportasi ini dan menyerahkan mereka izin bermukim seperti semua Rohingya lainnya yang sudah tiba di negara tersebut (Arab Saudi) sebelum mereka,” ungkapnya. N Rr Laeny Sulistyawati

The Latest

To Top