Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Berikut Yang Menerapkan GGL Induksi Adalah

Sumedang.info - Selamat malam teman-temen pengunjung website Sumedang yang budiman. Kali ini kami akan menjawab pertanyaan sekaligus menjelaskan rinciannya tentang Alat Berikut Yang Menerapkan Ggl Induksi adalah pada Senin 31 Januari 2022.

Setidaknya ada beberapa alat yang menerapkan GGL Induksi diantaranya Generator (Dinamo).

Sebelum kami jawab terkait alat-alat tersebut tidak ada salahnya kami jelaskan secara rinci sebagai tambahan ilmu buat kalian.

Sebenarnya besarnya GGL (Gaya gerak listrik) induksi bergantung pada Kekuatan magnet, Jumlah lilitan kumparan, Kecepatan gerak relatif.

Jika jumlah lilitan semakin banyak, maka semakin besar/semakin banyak pula GGL induksinya

Jika kecepatan gerak magnet terhadap kumparan semakin besar, tentu semakin besar pula GGL induksi yang terjadi.

Sekarang kami jawab Alat Berikut Yang Menerapkan GGL Induksi Adalah Generator (dinamo), Induktor, Trafo (Transformator).

Setelah Anda mengatahui jawabannya saya akan jelaskan ketiga alat tersebut.

1. Dinamo atau istilah lainnya disebut sebagai generator adalah sebuah mesin yang menghasilkan energi listrik dimana hal tersebut terjadi karena ada perubahan energi kinetik menjadi energi listrik. Konsep kerja dinamo atau generator dengan memutar kumparan di dalam medan magnet atau sebaliknya yakni memutar magnet di dalam kumparan. Generator inilah salah satu alat yang bekerja menerapkan prinsip GGL induksi.

Contoh Trasformator | Sumber blogspot.com


Genertor ada dua, pertama Generator DC (generator arus searah )dan Generator AC (generator arus bolak balik). Sementara bagian dinamo / generaror yang berputar disebut rotor (Kumparan), sedangkan bagian generator / dinamo yang tidak bergerak disebut stator (terdiri dari magnet).

2. Induktor dalam istilah lain disebut reaktor. Pengertian Induktor adalah sebuah komponen elektronika pasif dimana komponen ini biasanya berbentuk torus yang tersusun dari beberapa kumparan (lilitan kawat). Reaktor atau induktor ini dapat menyimpan energi karena arus listrik pada medan magnet.

Induktor juga disebut Coil alasannya karena lilitan kawat biasanya material terdapat pada koil. Induktor termasuk salah satu komponen elektronik dasar yang digunakan dalam rangkaian dimana arus dan tegangannya tidak membentuk (berubah-ubah) disebabkan kemampuan induktor untuk memproses arus bolak-balik.

3. Transformator atau trafo adalah sebuah alat listrik yang mengubah bentuk energi listrik yang berfungsi untuk mengubah besaran listrik (perubahan energi listrik ke emergi listrik lainnya) dan juga merubah tegangan dengan memanfaatkan induksi elektromagnetik.

Trafo ada beberapa jenis, namun secara garis besar ada dua. Pertama Transformator Step Up ( trafo penaik tegangan listrik) dan Transformator Step Down (trafo penurun tegangan listrik)

Sementara cara kerja transformator berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik dimana sebuah transformator atau trafo terdapat dua atau beberapa kumparan (coil) yang mengelilingi sebuah inti yang terbuat dari besi (core). Secara prinsip eletronik Kumparan-kumparan ini terpisah, namun tetap terhubung secara magnetik melalui reluktansi yang rendah.

Itulah sedikit penjelasan dan jawaban "Alat Berikut Yang Menerapkan GGL Induksi Adalah" yang dapat kami persembahkan buat pembaca. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Alat Berikut Yang Menerapkan GGL Induksi Adalah"