Semboyan negara indonesia adalah

Apa kabar semua? Kita akan bersama-sama mengulas dan belajar bersama tentang "semboyan negara indonesia adalah" di pagi ini. 

Bhineka Tunggal Ika bahasa Jawa Kuno yang memiliki arti berbeda-beda tetap satu jua. Itu menjadi semboyan atau moto bangsa Indonesia dan tertulis pada lambang negara NKRI di burung Garuda Pancasila.

Jadi jawaban dari semboyan negara Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang diambil dari Kakawin atau kitab Sutasoma karangan Empu Tantular sekitar abad ke-14 Masehi atau tepatnya pada masa Kerajaan Majapahit.

Kitab Kakawin ini mengajarkan toleransi antar agama, terutama antar agama Hindu-Siwa dan Buddha. Artinya secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika menjadi beraneka satu itu maknanya, meski beragam tetapi tetap satu jua.

Semboyan Negara Indonesia ini megandung nilai-nilai inspirai hingga saat ini, terutama pada masa awal kemerdekaan untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan membangu Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa memandang status mereka.

Sekedar di ketahui Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki lebih 17.000 pulau, bermacam-macam suku, bahasa, adat istiadat, ras dan kebudayaan.

Oleh sebab itu semboyan itu sangat penting untuk menjaga persatuan karena Indonesia sangat beragam dan sesuai dengan cita-cita leluhur.

0 Response to "Semboyan negara indonesia adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel